Red Hot Chilli Peppers dan Nirvana adalah dua band alternative yang merintis karier di saat yang hampir sama, ketika musik alternative masih dipandang sebelah mata oleh banyak orang dua band ini tetap setia berjalan di jalur idealisnya sendiri. dari pemikiran yang sama tersebut maka terciptalah rasa persahabatan yang tinggi di antara kedua band legendaris ini. Kurt Cobain adalah yang paling dekat dengan beberapa anggota Red Hot Chilli Peppers seperti Flea dan Anthony Kiedis, mereka sama sama gila.

Tahun 1994 bulan April Kurt Cobain akhirnya pergi meninggalkan dunia ini untuk selama lamanya, kabar kematiannya tersebar ke seluruh dunia sehingga dunia pun ikut bersedih, banyak kerabat dan teman terdekat Kurt yang tak percaya dengan kenyataan kalau Kurt harus pergi di usia muda termasuk Anthony Kiedis.

Beberapa tahun berselang Red Hot Chilli Peppers bertransformasi menjadi sebuah band yang sangat populer walaupun mereka tidak punya gaya musik seperti Nirvana tapi mereka punya semangat seperti yang pernah Nirvana lakukan di masa lalu. di tahun 1999 Red Hot Chilli Peppers merilis album Californication yang jadi album fenomenal buat mereka. di lagu Californication Anthony Kiedis menulis lirik bagus yang menyadarkan semua orang untuk tidak terlena dalam mimpi.

Kurt Cobain juga anti menulis lirik yang menjual mimpi dalam semua lagu ciptaannya. di lagu Californication juga Anthony Kiedis sempat menyebut Kurt Cobain di lirik “Cobain can you feel the spheres? and sings off station to station” yang bisa diartikan rindunya Anthony Kiedis kepada semangat pemberontakan Kurt Cobain kepada pop culture yang terjadi saat itu (lagu Californication sendiri bercerita tentang banyaknya pihak yang menjual mimpi kepada semua orang).

Di tahun 2006 Red Hot Chilli Peppers kembali membuat album yang berisikan lagu “Dani California”, ada sesuatu yang menarik di video klip Dani California ini, video klip ini menceritakan sejarah perkembangan tren musik dunia dari tahun 1970 sampai dengan tahun 2000, di video ini kita bisa melihat para anggota Red Hot Chilli Peppers berdandan layaknya band Kiss, Aerosmith, Bon Jovi sampai berdandan ala Nirvana, ini bukti kalau Anthony Kiedis sangat mengagumi Kurt Cobain dari segala sisi.

Nirvana adalah salah satu band yang mampu merevolusi sistim pop culture di awal tahun 1990, dengan gaya seadanya dan semangat pemberontakan akan hedonisme Kurt Cobain, Krist Novoselic dan Dave Grohl memberitahu kepada dunia bahwa kenyatannya dunia tidak selalu menyenangkan dan kehidupan juga diwarnai dengan kepedihan hidup yang kadang kelam.