Panggung Krapyak yang penuh misteri

"panggung krapyak misteri"Jika Anda tengah berkunjung ke Yogyakarta, jangan lewatkan untuk mengunjungi Panggung Krapyak. Panggung yang merupakan bangunan kuno ini, terletak di perkampungan Krapyak, yang berada di sebelah selatan Keraton Yogyakarta.

Melihat bentuk bangunan yang tergambar adalah sebuah podium yang cukup megah, menjulang tinggi dan terbuat dari batu-bata bercampur semen. Uniknya tidak ada kayu yang menyangga sehingga, akan tampak jendela yang berlubang tanpa pintu.

Seperti halnya bangunan-bangunan tua, Panggung Krapyak juga menyimpan sejuta misteri, bahkan hingga kejadian yang menimbulkan mistis.

Konon panggung yang memiliki empat buah pintu dan jendela yang semuanya terbuat dari batu bata merah ini, masing-masing pintunya dijaga oleh makhluk halus bersenjatakan tembok.

Bangunan memiliki panjang 18 meter dengan lebar 16 meter ini, dahulu kala sering digunakan Sri Sultan Hamengku Buwono I untuk memantau saat berburu di hutan.

Sementara itu bagi mereka yang ingin menggunakan lokasi di sekitar Panggung Krapyak, harus terlebih dahulu meminta ijin kepada penguasa yang berada di Keraton. Dan, jika telah diijinkan maka mereka harus membuat nasi tumpeng yang diletakkan di atas panggung (diambil dari internet)