sudah selayaknya sebuah alun alun kota adalah gambaran identitas kota itu sendiri, pengelolaan dan perawatannya harus maksimal agar bisa membuat setiap pengungjung yang datang merasa nyaman dan mungkin ingin kembali lagi. Model Alun alun kota mulai dperkenalkan ketika masa pemerintahan Demak Bintoro, sebuah konsep lapangan dengan Masjid Agung didepannya, lapangan berfungsi sebagai fasilitas rakyat dan juga fasilitas negara.

Alun Alun kota Gresik tempat saya tinggal sungguh sajatinya sama seperti alun alun di kota kota lain di Indonesia namun ada yang agak miris disana jika dilihat dalam kondisi tertentu. jika dilihat sehari hari aluan alun Gresik sangat ramai dijejali banyak manusia dengan kepentingan masing masing, ada yang sekeedar bermain, ada yang berjualan, ada yang sekedar menikmati  dan lain lain orientasi, tapi jika Hujan sudah turun kita akan melihat sebuah kolam renang dadakan ada di pusat alun alun kota ini, wowww … menakjubkan sekaligus menyedihkan rasanya.

semoga dengan terpilihnya Bupati yang baru ini para dewan kota bisa mempertimbangkan memajukan Gresik lebih baik sekali dari sebelumnya, saya sangat berharap sekali. Bapak Sambari dan Bapak Qosim semoga bisa lebih jeli melihat potensi Gresik, tapi yang terpenting benahi dulu masalah banjir yang terjadi bila hujan turun di Alun Alun Kota Gresik, itu sama sekali tidak nyaman, Gresik adalah kota santri, kota dimana dua Walisongo (Sunan Malik Ibrahim dan Sunan Giri) pernah berdakwah dan merupakan pelabuhan penting di masa lalu, sekarang saatnya mengulang kembali kejayaan Gresik bukan hanya untuk dibanggakan tetapi untuk kepentingan bersama.

foto Alun Alun Kota Gresik

This slideshow requires JavaScript.