Jakarta sudah menjadi kota terpenting di Indonesia sejak ratusan tahun lamanya, dan sejak ratusan tahun pulalah Jakarta saya pikir belum bisa beradaptasi dengan jaman, benarkah saya? Di satu sisi Jakarta berubah menjadi salah satu kota Metropolitan terbaik di dunia tetapi di sisi lain Jakarta juga acuh tak acuh dengan tata kota dan pengelolaannya, jadi bisa dibilang Jakarta cuma mengejar pengakuan berdasarkan sampul atau kebanggaan semu dari nama Jakarta itu sendiri, benarkah saya?

Hampir setiap penduduk Indonesia menganggap Jakarta adalah tempat yang tepat untuk memperkaya diri dan itulah yang menyebabkan banyak arus urbanisasi ke ibukota Indonesia ini setiap tahunnya, sayang … ternyata Jakarta tak cukup mampu menghidupi sebagian “pemuja” paham urbanisasi ini, tak pelak ada yang mengusulkan ide lama agar ibukota Indonesia dipindah ke kota lain yang tujuannya agar bisa memberi nafas kepada Jakarta yang sudah terlalu lama bekerja.

Indonesia seharusnya bisa lebih meratakan sumber sumber kekuatan di segala kota yang bisa dimaksimalkan, jangan hanya Jakarta yang disuruh bekerja menampung beban negara ini, terlalu berat! coba ide saya  ( kalau berkenan sih :) ) Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Balikpapan, Palembang, Pontianak, Medan, Manado, Jayapura itu semua kota-kota di Indonesia yang punya potensi besar menjadikan Indonesia lebih makmur dari sekarang kalau penanganannya tepat! ( padahal saya aja ga bisa nangani diri sendiri lebih baik :( ).

Ya itulah sedikit paragraf salah satu penduduk Indonesia yang kurang puas dengan kemakmuran bangsa ini, terutama dengan mainstream orang banyak yang menganggap Jakarta adalah segalanya.