Adakah diantara kalian yang tahu arti ‘Fantasista’? Ini adalah istilah yang sering ada dalam sepakbola tapi sedikit pesepakbola yang dijuluki ‘Fantasista’, julukan? Ya ini adalah julukan kepada pemain yang mampu membuat penonton berdebar-debar sembari berdecak kagum melihatnya bermain bola.

Fantasista tidak dimiliki oleh pemain di posisi tertentu tapi memang kebanyakan fantasista berposisi sebagai playmaker, Italia adalah negeri yang mempunyai kultur sepakbola luar biasa, walaupun banyak orang melihat Italia hanya mengandalkan pertahanan dan serangan balik namun dibalik itu mereka selalu melahirkan pemain bertalenta ‘Dewa’.

Zidane, Maradona, Roberto Baggio, Andrea Pirlo, Alessandro Del Piero dan Francesco Totti adalah “Fantasista’ dan mereka berjaya ketika bermain di Serie A Italia, walaupun banyak tipe ‘Fantasista’ yang lahir di luar Italia seperti Ronaldinho, Messi, Riquelme dan lainnya tetap saja Italia-lah yang paling banyak melahirkan ‘Fantasista’.

Fantasista adalah pemain yang bermain bola dengan hati dan memiliki visi jauh ke depan melebihi pemain lainnya, ketika mereka bermain bola mereka hanya bisa membuat kita para penonton kagum dan berdebar-debar, sebagian dari ‘Fantasista’ sejati tidak pernah sukses ketika membela tim besar yang notabene mengekang kreatifitas pemain dan lebih mengutamakan hasil yang maksimal untuk tim.

Maradona, Riquelme dan Roberto Baggio membuktikannya ketika mereka bermain di klub seperti Napoli, Villareal dan Brescia. Napoli yang “bukan apa-apa” diantar maradona menjadi Scudetto Serie A dua kali, Villareal juga jadi trengginas di LFP serta Liga Champions ketika digawangi Riquelme dan Diego Forlan pun juga Brescia yang jadi penantang serius bagi juara tradisional Serie A ketika dikomandani Roberto Baggio. Mereka semua rata-rata cukup gagal bersinar di klub besar namun berhasil memberikan ‘sebuah cahaya’ di sebuah klub kecil.

Inilah sepakbola, bermainlah dengan hati maka kita akan menikmati indahnya bermain sepakbola, penonton senang pemain pun tertawa.