Nabi dan Rasul dalam agama Islam merupakan sosok yang sangat penting, mereka adalah pembawa syariat tauhid dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk para kaumnya masing- masing. Dalam islam, Adam dikenal sebagai manusia pertama yang diciptakan Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk memimpin bumi yang juga merupakan Nabi pertama. Dalam perjalanan ajaran islam ada 25 nabi yang dikenal dari yang ribuan jumlahnya dan Nabi terakhir adalah Nabi besar Muhammad Shallallahu `alaihi Wa Sallam (sebagai nabi untuk seluruh kaum/umat).

Silsilah ke 25 nabi tersebut mempunyai garis keturunan langsung dari Nabi Adam alaihi salaam sang manusia pertama sampai pada Nabi besar Muhammad Shallallahu `alaihi Wa Sallam. Sebuah silsilah atau garis keturunan yang spesial bagi mereka para Nabi tentunya. Bahkan salah satu Walisongo yaitu Sunan Giri diriwayatkan juga merupakan keturunan langsung dari Nabi Muhammad Shallallahu `alaihi Wa Sallam.

Banyak orang-orang penting di negeri ini sejak dulu mengklaim sebagai keturunan Sunan Giri, salah satunya adalah Raja Mataram Islam pertama yaitu Panembahan Senopati yang mengklaim bahwa silsilah keluarganya merupakan keturunan yang berujung pada nabi Muhammad Shallallahu `alaihi Wa Sallam untuk menambah legitimasi dan kewibawaan Raja – Raja mataram, padahal sebenarnya Ki Ageng Pemanahan ayah dari Panembahan Senopati adalah keturunan orang biasa (silahkan dibaca di: Hidup & Spiritual Sunan Kalijaga, Panji Pustaka), di versi lain menyebutkan jika memang benar Panembahan Senopati adalah keturunan Sunan Giri dari garis Ibu.

Banyak informasi beredar di sekitar kita, dan kita mestinya lebih bijak menyikapi semua, yang perlu kita lakukan cuma terus menggali lalu ambil benang merahnya karena dengan begitu kita sanggup menemukan titik terang.

Dibawah akan saya tampilkan gambar silsilah ke 25 nabi sebagai bahan informasi tambahan untuk Anda, penulis tidak jamin kebenarannya karena tujuannya cuma berbagi informasi, saya hanya sekedar memberi informasi yang saya dapat, Wallahu a’alam bi shawwab tak ada yang paling benar kecuali Allah Subhanahu Wata’ala, jika ada yang salah di artikel ini maka itu dari penulis dan sudah menjadi tugas manusia terus menggali ilmu terutama ilmu agama agar selamat di dunia dan akhirat, amin!

klik gambar untuk perbesar

silsilah 25 nabi agama samawi tauhid

Advertisements