Jogjakarta adalah Kota Pendidikan, sebutan yang wajar jika melihat banyaknya perguruan tinggi dan sekolah sekolah yang ada di sana. mutu pendidikan di Jogjakata tebilang sangat bagus dibandingkan dengan mutu pendidikan di kota besar indonesia lainnya.

Dengan banyaknya universitas di Jogjakarta maka banyak pula calon mahasiswa dari seluruh nusantara ini yang merantau ke Jogjakarta untuk menuntut ilmu. dampak terbaiknya adalah berkembangnya bisnis jasa yang ditawarkan, salah satu bisnis yang paling menjanjikan adalah membuka usaha pondokan/kos kosan untuk para mahasiswa.

Jogja night life

Bisa kita lihat di sekitar universitas pasti banyak penyedia jasa pondokan dari yang harga murah sampai dengan harga wah dengan fasilitas yang wah pula, semuanya seperti berlomba lomba untuk mendapatkan simpati para mahasiswa untuk mendiami pondokannya.

Jenis pondokan juga bermacam macam dari yang seatap dengan induk semangnya sampai pada pondokan campur yang mengijinkan kaum lelaki tinggal seatap dengan kaum perempuan walaupun berbeda kamar. Sungguh risih rasanya di negara kita Indonesia yang menganut buaya ketimuran ini mengijinkan keberaaan pondokan semacam itu.

Bukannya bemaksud menggurui atau sok tahu tapi bukankah pondokan semacam itu jelas memancing suatu hal yang kurang baik bila penghuninya juga kurang bagus mengelola dirinya. Aneh rasanya bila kita bayangkan lagi bahwa pria dan wanita yang sebelumnya tidak mengenal satu sama lain tapi setibanya di Jogja mereka memutuskan untuk bermukin di bawah satu atap.

Yang lebih disesalkan lagi tentunya reaksi masyarakat sekitar yang membiarkan eksisnya pondokan seperti itu. Ironis rasanya bila di luar sana banyak pihak yang gencar untuk lebih menekan angka kenakalan remaja tapi di tempat lain salah satu faktor yang menyebabkan kenakalan remaja itu dibiakan bebas begitu saja.

Semoga di masa mendatang masyarakat dan pihak yang berkepentingan menginginkan kehidupan yang lebih baik bisa mengatasi semua masalah yang ada di sekitarnya