Kalian semua pasti kenal yang namanya Led Zeppelin? tapi apakah kalian juga tahu kalau Led Zeppelin itu selain sebuah band yang penuh intrik, misteri dan banyak kontroversi ternyata juga sebuah band jenius di jamannya, jikalau fakta yang akan dipaparkan di bawah ini adalah benar-benar direncanakan, kita harus akui Led Zeppelin adalah yang terjenius sepanjang masa.

Sepenggal bait di lagunya yang berjudul Stairway to Heaven ternyata menyisakan sebuah misteri yang penuh kontroversi, ya bila kita gunakan sebuah software pengedit audio dan kita putar di bagian lirik “aneh” (di bagian reffrain) tersebut dengan efek reverse maka lirik tersebut akan memiliki makna dan arti yang berbeda dari sebenarnya.

Bagaimana mungkin di era musik masih analog (jaman Led Zeppelin belum kenal era digital) bahkan bisa dibilang “kuno” mereka mampu menciptakan dua arti lirik yang berbeda bila didengarkan normal dan dengan efek reverse yang bahkan hampir tidak ada di jamannya. kalaupun itu suatu kebetulan berarti itu kebetulan yang fenomenal, tapi kalau itu terencanakan maka Led Zeppelinlah yang menyimpan misteri itu sampai “surganya” sendiri.

Pada bait normalnya :

if there’s a bustle in your hedgerow
don’t be alarmed now
It’s just a spring clean for the May Queen
Yes there are two paths you can go by
but in the long run
there’s still time to change the road you’re on

Jika diputar reverse :

oh here’s to my sweet Satan
the one whose little paths would make me sad
whose power is Satan
he’ll give you give you 666
there was a little toolshed
where he made us suffer
sad Satan

Kamu juga pasti tertarik : Misteri lagu Obama -Yes We Can