Ada yang tahu samkok? kisah tiga kerajaan dari RRC, ini adalah salah satu kisah terbaik yang pernah ada di dunia, mengisahkan segala macam detail problema kehidupan mulai dari perang, cinta, kasih sayang sampai kepada kematian dan pengorbanan. Diawali dari sebuah pemberontakan yang menentang tirani yang membebankan pajak yang tinggi kepada masyarakat sampai kepada titik penguasan seluruh daratan china oleh 3 penguasa besar di jamannya yaitu, Liu Bei, Cao Cao dan Sun Jian

samkok

Cao Cao selalu digambarkan sebagai peran antagonis yang punya ambisi besar ingin menaklukkan dua kerajaan Shu dan kerajaan Wu. Kerajaan Shu punya penasihat strategi terbaik di jamannya yang bernama Zhuge Liang/Kong Ming. Kong Ming lah yang punya peran besar dalam setiap peperangan kerajaan Shu, Shu juga punya jenderal perang terbaik seperti Guan Yu, Zhang Fei dan Zhilong.

Dalam film kolosal terbaru China yang berjudul Red Cliff dan kini telah beredar di pasaran dengan lanjutannya Red Cliff 2, mengisahkan perang antara armada raksasa Cao Cao dengan gabungan pasukan negeri Wu dan negeri Shu. disini Kong Ming sangat punya peranan penting dalam membaca strategi musuh dan menciptakan strategi melumpuhkan musuh dengan pasukan seadanya.

Red Cliff

Efek dan cerita yang ditampilkan di kedua film Red Cliff benar-benar memukau dan sangat menarik, sebuah film yang patut mendapat pujian tinggi.