Melangkahi Orang Sholat

Sering saya melihat banyak orang berjalan di depan orang yang sedang sholat ketika di masjid, dulu kuanggap itu biasa tapi ketika kuliah saya jadi mulai belajar islam dan hukum hukumnnya, pernah suatu ketika saya melihat ada orang hendak berjalan melewati orang yang sedang sholat kemudian orang yang ada di sampingnya bergegas mencegahnya sembari menyuruh melewati jalan lain, loh emangnya ada yang salah ? Pikirku waktu itu.

Setelah mencari informasi sana-sini akhirnya kutemukan jawabannya, ya betul hakikatnya kita para muslim dilarang menganggu para muslim lain yang sedang sholat karena sholat itu adalah bentuk ibadah antara manusia dengan Allah SWT, jadi sudah sepatutnya kita wajib mendukung orang sholat dan bukannya mengganggu.

sholat

Lewat di Depan Orang Shalat

Berjalan di depan orang shalat di antara dia dan sutrah (pembatas) nya adalah perbuatan haram, karena mengganggu dan mengacaukan konsentrasinya dalam bermunajat kepada Allah subhanahu wata’ala. Perbuatan ini dilarang dengan keras dan pelakunya mendapatkan ancaman yang sangat berat, sebagaimana dalam sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam

Oleh karena itu dibolehkan bagi yang sedang shalat untuk mencegah orang yang akan melewatinya, jika sekiranya masih ada jalan lain yang memungkinkan untuk dilewati.

Karena dalam sebuah hadits yang bersumber dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallambersabda, artinya,

“Jika salah seorang diantara kalian shalat menghadap sutrah (yang menghalangi) orang (untuk lewat), lalu ada seseorang yang mau melewatinya maka tahanlah dia. Apabila menolak maka lawanlah dia karena dia adalah syetan.” (HR.al-Bukhari dan Muslim)

Begitulah saudaraku sekedar tulisan yang mungkin bisa mengingatkan kita, semoga tulisan ini bermanfaat dan jika ada kekurangan bisa dikritik sekeras mungkin, kebenaran hanya milik Allah SWT.

About these ads

4 thoughts on “Melangkahi Orang Sholat

    • itu paling juga syetan lagi nulis komen. gak usah dibales. tujuannya supaya anda sebagai umat islam terpancing dan membalas dengan kata-kata yang tidak pantas. Biarkan saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s