Silsilah Nabi – Nabi Islam

Nabi dalam agama islam merupakan sosok yang sangat penting, mereka adalah pembawa syariat tauhid dari Allah untuk para kaumnya masing- masing. dalam islam, Adam dikenal sebagai manusia pertama yang diciptakan Allah untuk memimpin bumi yang juga merupakan Nabi pertama. dalam perjalanan ajaran islam ada 25 nabi yang dikenal dan Nabi terakhir adalah Nabi besar Muhammad SAW (sebagai nabi untuk seluruh kaum/umat).

Silsilah ke 25 nabi tersebut mempunyai garis keturunan langsung dari Nabi Adam as. sang manusia pertama sampai pada Nabi besar Muhammad SAW. sebuah silsilah atau garis keturunan yang spesial bagi mereka para Nabi tentunya. Bahkan salah satu Walisongo yaitu Sunan Giri diriwayatkan juga merupakan keturunan langsung dari Nabi Muhammad SAW.

Banyak orang – orang penting di negeri ini sejak dulu menyatakan sebagai keturunan Sunan Giri, salah satunya adalah Raja Mataram Islam pertama yaitu Panembahan Senopati yang mengklaim bahwa silsilah keluarganya merupakan keturunan orang suci yang berujung pada nabi Muhammad SAW untuk menambah legitimasi dan kewibawaan Raja – Raja mataram, padahal sebenarnya Ki Ageng Pemanahan ayah dari Panembahan Senopati adalah keturunan orang biasa (baca Hidup & Spiritual Sunan Kalijaga, Panji Pustaka), di versi lain menyebutkan kalau memang Panembahan Senopati adalah keturunan Sunan Giri dari garis Ibu (akan lebih jelas jika terus menggali dan menelusuri sejarah ini jika dilakukan dengan serius dan teliti).

Banyak informasi beredar di sekitar kita, dan kita mestinya lebih bijak menyikapi semua, yang perlu kita lakukan cuma terus menggali lalu ambil benang merahnya karena dengan begitu kita sanggup menemukan titik terang walaupun itu sedikit.

dibawah akan saya tampilkan gambar silsilah ke 25 nabi islam sebagai bahan informasi tambahan untuk anda, saya tidak jamin kebenarannya karena tujuannya cuma berbagi informasi, saya hanya sekedar memberi informasi yang saya dapat, Wallahu a’alam bi shawwab. tak ada yang paling benar kecuali Allah Subhanahu Wata’ala, jika ada yang salah di artikel ini maka itu dari penulis dan sudah menjadi tugas manusia terus  menggali ilmu terutama ilmu agama agar selamat di dunia dan akhirat, amin!  nikmatilah….

klik gambar untuk perbesar

silsilah 25 nabi agama samawi tauhid

14 thoughts on “Silsilah Nabi – Nabi Islam

  1. panembahan senopati benar2 turunan sunan giri!! ki ageng pemanahan memang orang biasa tapi menikah dgn salah satu putri dari sunan giri, so darah sunan giri masih mengalir ke panembahan senopati lewat jalur putrinya!! jgn sembarangan memfitnah ya!! kualat anda!!!

    • saya tidak memfitnah, dan saya sebenarnya hanya meneruskan informasi yang saya dapat, kalaupun itu salah maka akan saya telusuri semaksimal mungkin kebenarannya ..

      kalau pendapat anda benar silahkan beri tahu saya supaya bisa saya pelajari dan disini terbuka anda mau memaki atau tetap berkonfrotasi ..

    • saya benar2 tertarik dengan pendapat saudara,dan sependapat dg teori saudara.saya ingin menambah dan bertukar informasi dari anda, karena saya pun sdg melakukan penelusuran ttg beliau

  2. satu hal lagi bahwa keturunannya rasulullah SAW adalah lewat jalur putrinya Fatimah yg menikah dgn Ali bin abi Thalib! anak laki2 rasulullah meninggal saat masih kecil, jadi sunan giri atau turunan2 rasulullah yg lainnya adalah lewat jalur hasan dan husein putra dari fatimah dan ali!! otak anda dangkal!!! beraninya anda memfitnah panembahan senopati!!

    • sebegitukah?, kalau anda berniat meluruskan kesalahan saya tentu saya sangat senang. bahkan saya sudah mengedit artikel saya .. pendapat tentang Panembahan Senopati adalah keturunan Rasulullah atau bukan itu punya banyak versi, dan sayangnya saya tidak bisa memastikan mana yang paling benar dan cuma bisa sekedar menginformasikan …

  3. Bagi salah satu keturunan Panembahan Senopati dari kakek buyut terbadung saya ( Mas Strodrono ), sebetulnya sedikit kecewa dengan bahasa yang saudara gunakan. Saya sendiri belum pernah menanyakan sebenarnya Beliau keturunan siapa? Dari garis ayah atau ibu? Tapi yang jelas, hal semacam itu tidaklah menjadi soal. Sebab dalam konsep genetika, Gen Ayah tidak selalu mendominasi. Artinya meskipun Panembahan merupakan keturunan Sunan Giri dari garis ibu, tidak menutup kemungkinan justru Gen dari ibu yang berorientasi pada Sunan Giri itu yang mengalir “kental” dalam darah Panembahan. Toh jika Panembahan masih “sugeng”, saya rasa baliau tidak akan membahas anda itu termasuk keturunan Adam atau Hawa. Atau jangan2 anda itu termasuk keturunan yang disebutkan dalam teori awal Manusiapunya Einstein? Jika berbicara mengenai pencintraan, pastinya Panembahan tidak cukup berbekal keturunan SUnan Giri untuk menjadi terhormat. Sebab ia terhormat karena perannya yang telah memotori perubahan dlam masyarakat islam di Jawa dan juga membantu dalam pembangunan di Jogja??

    • saya tidak ada maksud sedikitpun untuk mendiskreditkan Panembahan Senopati, saya sendiri menghormatinya sebagai salah satu Raja Jawa yang punya dedikasi tinggi buat rakyat layaknya Raja Raja Jawa lainnya.

      di atas sudah saya tulis kalau saya menulis artikel ini dari sumber yang bilang kalau Panembahan Senopati tidak dari keturunan Sunan Giri, dan tentu saja setelah saya telusuri masih banyak sumber yang bilang kalau itu salah. saya hanya berbagi informasi dan kalaupun sumber yang saya ambil ternyata lemah maka saya hanya bisa meminta maaf atas semua kelancangan ini, lagipula bagi saya semua manusia sama saja di mata Allah, ya setidaknya saya hanya bisa meminta maaf kalau sumber yang saya terima benar benar tak berdasar. terima kasih

  4. Memang ada sebagian kalangan yg bisa dikatakan “iri hati” terhadap keberhasilan Kasultanan Mataram dinasti turunan Ki Ageng Pemanahan. Di sumber lain yg terpercaya, yakni dari catatan nasab saadah Ba’alawi, dan pesantren2 di jawa timur pun mengakui bahwa panembahan senopati beserta turunannya merupakan turunan sunan giri dan sebagian turunan sunan ampel juga, kesemuanya lewat jalur Perempuan (Putri Sunan Giri & Putri Sunan Ampel). Di samping itu keluarga besar Al Azhamat Khan juga mengakuinya. Coba liat di facebook judulnya “tautan silsilah garis ibu Panembahan Senopati ke Sunan Giri & Sunan Ampel”. Dapat disimpulkan bahwa Panembahan Senopati adalah seorang yg berdarah perpaduan antara raja2 jawa masa lampau (Majapahit) dgn keturunan Rasulullah lewat jalur wali songo (Sunan Giri & Sunan Ampel).

  5. Justru karena Beliau (Panembahan Senopati) berdarah perpaduan (campuran) antara turunan Raja Majapahit – Singhasari dgn turunan Nabi SAW, maka beliau menjadi lebih kuat dan berwibawa dibandingkan dgn yg murni keturunan raja jawa (Misal majapahit), ataupun yg murni turunan nabi SAW. Itu penganalisaan dgn paradigma dan parameter tertentu yg memang terbukti bahwa turunan Panembahan Senopati hingga skrg ini tetap Mashyur hingga saat ini, sekian.

  6. hei lo lo pde jgn brantem, Ga penting tahu utk mengungkit, membangga banggakan turunan nabi ato ga, krn turunan nabi tuh ga satu dua org aja… Allah SWT jg ga menjamin kalo turunan nabi otomatis masuk, yg sijamin tuh cuma nabiullah Muhammad SAW… knape anda2 pada sewot… anda turunannya ya… Hahaha>>> sholat sono, perbanyak ibadah jgn berantem… biar bisa ktemu nabi di syurga….. ada pula kualat, mangnya siapa lo?

  7. Walau keturunan Nabi Muhammad bnyak entah siapa siapa hnya ALLOH yg lbh mngtahui, yg psti Nabi Muhammad SAW adalah Nabi taw Rosul akhir jaman, mngknya anak laki laki Rosululloh mninggal saat masih bayi. Untuk memutuskn bahwa tidak ada Nabi atau Rosul lg setelah Nabi Muhammad SAW wafat. ALLOHUA’LAM hanya Alloh yg lbih tau.

  8. Allah maha besar….kalo masih mau nyari tentang silsilah….tu yang lg ribut mending ngumpul bareng,sama sama meneliti silsilah nya,,,,,OK kang saya tunggu berita selanjutnya…
    Wassalamualaikum

Leave a Reply

